Selasa, 11 Desember 2012

Business Model Canvas Teller Bank


Teller adalah petugas bank yang menangani penerimaan maupun pembayaran transaksi tunai maupun non tunai.



·         Key Partner, partner utama teller bank adalah nasabah yang ingin melakukan transaksi dan perusahaan IT terkait dengan kebutuhan teller yang tinggi terhadap teknologi yang canggih dan aman.

·         Key Activites, kegiatan utama teller bank adalah:
1. Menerima setoran dari nasabah (baik tunai maupun non tunai), kemudian melakukan posting di sistem komputer bank.
2. Melakukan pembayaran tunai kepada nasabah yang bertransaksi tunai di counter bank, dan melakukan posting di sistem komputer bank.
3. Menjadi gerbang awal pengamanan bank dalam mencegah peredaran uang dan warkat (cek/bilyet giro) palsu.
4. Menjalankan fungsi tag on dalam cross selling produk2 perbankan.
5. Bertanggungjawab terhadap kesesuaian antara jumlah kas di sistem dengan kas di terminalnya.

·         Key Resources, sumber daya utama teller bank untuk mendukung kegiatannya adalah:
1.Komputer .
2.Money detector, alat deteksi ultra violet, dan kaca pembesar untuk melakukkan validasi atas keaslian mata uang.
3.Kotak uang (teller’s box) yang hanya dapat dibuka dengan menggunakan kunci pengaman yang setiap saat selalu berada dalam penguasaan teller yang bersangkutan.
4.Mesin penghitung uang untuk menghitung lembar uang kertas atau logam.
5.Mesin hitung yang dilengkapi kertas bukti (tell-strook).

·         Value Proprsition, posisi teller bank dapat menawarkan banyak keuntungan bagi siapa saja yang menikmati layanan pelanggan dan bekerja dengan keuangan, begitu juga bagi bank, teller memenuhi fungsi penting bagi bank karena mereka berinteraksi dengan pelanggan lebih dari orang lain dan juga mewakili wajah bank kepada para nasabah.

·         Channel, ada beberapa jalur yang ditempuh seorang teller bank kepada nasabahnya yaitu,
1.Penerimaan dan pembayaran uang tunai untuk dan dari rekening nasabah.
2.Setoran kliring, inkaso, pemindahbukuan dan Penerimaaan permohonan kiriman uang.
3.Penjualan dan pembelian valuta asing.

·         Customer Relationship, dalam membina hubungan yang baik dangan nasabah hendaknya seorang teller bank bersikap ramah dengan memberi salam, memberi senyum, menjaga penampilan berbusana ssesuai standar bank, dan juga seorang teller bank dituntut untuk profesional dalam ketelitian menghitung uang, mengkonfirmasikan jumlah uang kepada nasabah, melakukan perhitungan uang didepan nasabah.

·         Customer Segment, pelanggan teller bank adalah nasabah dan orang yang ingin melakukan pengiriman uang atau transaksi pembayaran baik tunai maupun non tunai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar