Teller adalah petugas bank yang menangani penerimaan maupun
pembayaran transaksi tunai maupun non tunai.
·
Key
Partner, partner utama teller bank adalah
nasabah yang ingin melakukan transaksi dan perusahaan IT terkait dengan kebutuhan
teller yang tinggi terhadap teknologi yang canggih dan aman.
·
Key Activites,
kegiatan utama teller bank adalah:
1. Menerima
setoran dari nasabah (baik tunai maupun non tunai), kemudian melakukan posting
di sistem komputer bank.
2. Melakukan
pembayaran tunai kepada nasabah yang bertransaksi tunai di counter bank, dan
melakukan posting di sistem komputer bank.
3. Menjadi
gerbang awal pengamanan bank dalam mencegah peredaran uang dan warkat
(cek/bilyet giro) palsu.
4. Menjalankan
fungsi tag on dalam cross selling produk2 perbankan.
5.
Bertanggungjawab terhadap kesesuaian antara jumlah kas di sistem dengan kas di
terminalnya.
·
Key
Resources, sumber daya
utama teller bank untuk mendukung kegiatannya adalah:
1.Komputer .
2.Money detector, alat deteksi ultra violet, dan kaca pembesar
untuk melakukkan validasi atas keaslian mata uang.
3.Kotak uang (teller’s box) yang hanya dapat dibuka dengan
menggunakan kunci pengaman yang setiap saat selalu berada dalam penguasaan
teller yang bersangkutan.
4.Mesin penghitung uang untuk menghitung lembar uang kertas atau
logam.
5.Mesin hitung yang dilengkapi kertas bukti (tell-strook).
·
Value
Proprsition, posisi teller
bank dapat menawarkan banyak keuntungan bagi siapa saja yang menikmati layanan
pelanggan dan bekerja dengan keuangan, begitu juga bagi bank, teller memenuhi
fungsi penting bagi bank karena mereka berinteraksi dengan pelanggan lebih dari
orang lain dan juga mewakili wajah bank kepada para nasabah.
·
Channel,
ada beberapa jalur yang ditempuh seorang teller bank kepada
nasabahnya yaitu,
1.Penerimaan dan pembayaran uang tunai untuk dan dari rekening
nasabah.
2.Setoran kliring, inkaso, pemindahbukuan dan Penerimaaan
permohonan kiriman uang.
3.Penjualan dan pembelian valuta asing.
·
Customer
Relationship, dalam membina
hubungan yang baik dangan nasabah hendaknya seorang teller bank bersikap ramah
dengan memberi salam, memberi senyum, menjaga penampilan berbusana ssesuai
standar bank, dan juga seorang teller bank dituntut untuk profesional dalam
ketelitian menghitung uang, mengkonfirmasikan jumlah uang kepada nasabah,
melakukan perhitungan uang didepan nasabah.
·
Customer
Segment, pelanggan teller bank adalah nasabah
dan orang yang ingin melakukan pengiriman uang atau transaksi pembayaran baik
tunai maupun non tunai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar