Selasa, 11 Desember 2012

Pojok Bursa UIN MALIKI MALANG


A.    LATAR BELAKANG
Kondisi pasar modal semakin berkembang di Indonesia.  Dengan bergabungnya Bursa Efek Surabaya (BES) ke dalam Bursa Efek Jakarta (BEJ) menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI) tanggal 30 November 2007 bersiap menyongsong era baru pertumbuhan pasar modal di Indonesia.  Perkembangan pasar modal dapat dilihat dari hasil kapitalisasi BEI tahun 2007 dibandingkan tahun sebelumnya.  Pada akhir tahun 2006, Nilai kapitalisasi pasar saham sebesar Rp. 1.249,11 triliun, obligasi korporasi sebesar Rp. 61,51 triliun dan USD 105 juta, serta Surat Utang Negara (SUN) sebesar Rp. 418,75 triliun.  Sedangkan pada akhir tahun 2007, Nilai kapitalisasi pasar saham sebesar Rp. 1.988,33 triliun, obligasi korporasi sebesar Rp. 79,06 triliun dan USD 105 juta, serta Surat Utang Negara (SUN) sebesar Rp. 477,75 triliun.  Dari data diatas menunjukkan bahwa nilai kapitalisasi pasar modal berkembang sekitar 37%, obligasi korporasi tumbuh sebesar 22%, sedangkan SUN tumbuh sebesar 12%. 
Pertumbuhan transaksi saham hampir merata di seluruh Indonesia.  Harian bisnis Indonesia onlin melaporkan pertumbuhan transaksi saham di Jember tumbuh signifikan.  Jika pada tahun 2006 transaksi yang terjadi berkisar antara Rp. 20 miliar hingga Rp. 30 miliar per bulan, maka pada tahun 2007 meningkat menjadi Rp. 50 miliar hingga Rp. 70 miliar per bulan.  Hal ini berarti nilai transaksi per hari mencapai Rp. 3 miliar.  Perkembangan transaksi saham di wilayah Malang berdasarkan informasi dari PIPM (Pusat Informasi Pasar Modal) terbesar kedua setelah Jakarta.  Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan sosialisasi semua pihak yang terlibat dari partnership BEI.
Salah satu pihak yang memiliki peran dalam mensosialisasikan pasar modal di Malang adalah Pojok BEI.  Dimana Pojok BEI bertujuan untuk mengenalkan Pasar Modal sejak dini di dunia akademis (sesuai dengan Pedoman Umum Pojok BEI).  Disamping itu, adanya Pojok BEI di lembaga Pendidikan akan menjadi sarana pembelajaran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Adanya Pojok BEI kedepannya akan menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu beserta prakteknya di Pasar Modal.  Sehingga dunia akademisi dapat melahirkan para akademisi dan praktisi yang handal di bidang pasar modal. 
Fakultas Ekonomi Universitas Islam (UIN) Malang merupakan salah satu perguruan tinggi di Malang yang concern terhadap pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang pasar modal.  Dalam kurikulum 2007, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UIN Malang telah memasukkan mata kuliah Pasar Modal dan Manajemen Investasi.  Hal itu merupakan perjalanan panjang setelah melalui diskusi dan workshop yang melibatkan para praktisi dan akademisi yang berkompeten.  Bahkan tahun 2008 ini, Fakultas Ekonomi UIN Malang turut mewakili wilayah Malang dalam Kompetisi Nasional Pasar (KNPM) yang diselenggarakan oleh PT. ITHO Indostock yang bekerjasama dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia.  Saat ini KNPM 2008 diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan praktis di bidang pasar modal di Fakultas Ekonomi UIN Malang, diperlukan sebuah wadah yang dapat menjembatani kebutuhan tersebut.  Disamping itu juga untuk memfasilitasi mahasiswa, dosen dan masyarakat umum yang melakukan riset tentang pasar modal.  Oleh karena itu, Keberadaan Pojok BEI di FE UIN Malang akan semakin memberi kontribusi pada pengembangan dunia pasar modal di Indonesia umumnya dan di Malang pada khususnya.

B.    LANDASAN KEGIATAN
Sebagai salah satu unit kegiatan dalam lembaga pendidikan, Pojok BEI memiliki landasaran kegiatan berdasarkan:
1.Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat)
2.Surat Keputusan dari Pimpinan Universitas
3.Program Kerjasama Fakultas Ekonomi UIN Malang dengan Bursa Efek Indonesia (BEI)

C.     DESKRIPSI LABORATORIUM FAKULTAS EKONOMI
  1. Profil Singkat
Fakultas Ekonomi UIN Malang memiliki lima laboratorium, yakni; Laboratorium Statistik, Laboratorium Perbankan Syariah, Laboratorium Komputer dan Manajemen Informasi, Laboratorium Akuntansi, serta Laboratorium Pasar Modal.  Kelima laboratorium tersebut tergabung dalam suatu wadah pada Pusat Laboratorium Fakultas Ekonomi (Center of Laboratory and ICT – CLICT  FE). 
CLICT  FE merupakan salah satu unit penunjang di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Negeri (UIN) Malang berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi No. Un.3.5/KP.01.2/103/2007.  CLICT FE-UIN Malang memiliki peran yang strategis sebagai agen yang mendukung terciptanya academic atmosphere.  Melalui berbagai program yang dikembangkan secara knntinyu, CLICT akan memberi kontribusi stakeholders. 
Didukung dengan Sumber Daya Manusia yang berkompeten di bidangnya CLICT FE akan mengaplikasikan hadist Nabi ”khoirunnas anfaahum linnas”.  Saat ini struktur organisasi di CLICT FE terdiri atas devisi research & development, devisi publict relation.  Kedua devisi tersebut bertanggung jawab kepada kepala laboratorium. 
Kegiatan yang telah dilaksanakan selama 1 tahun yang lalu meliputi; pelatihan pasar modal menyongsong Kompetisi Pasar Modal Nasional (KNPM) 2008, Pelatihan internet dasar, Pelatihan statistik, dan praktikum komputer.
 2.  Visi
”Menjadi pusat pengembangan dan penerapan disiplin ilmu yang terintegrasi antara sains dan agama khusunya di bidang Manajemen untuk mencapai membekali mahasiswa dengan pengetahuan yang komprehensif sesuai dengan dassein dan dassolen.”
  3. Misi
1.Mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan andegogi dan padegogi.
2.Mendorong terciptanya academic atmosphare di Fakultas Ekonomi UIN Malang
3.Memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang berbasis terapan.
4.Mendorong peningkatan mutu lulusan yang memiliki kompetensi di bidang manajemen khususnya dan ekonomi
  4. Program Kerja
1.Core services (praktikum, pelatihan)
2.Supplement service (penelitian, pelatihan, pengabdian masyarakat)



D.  STRUKTUR ORGANISASI POJOK BEI
Untuk mendukung pengelolaan dan pengembangan pojok BEI FE UIN Malang, dibentuk struktur organisasi berikut:
 
 

E.     RENCANA DAN PROGRAM KERJA
Sebagai acuan dan arahan aktivitas di Pojok BEI FE UIN dirancang program kerja sebagai berikut:
No.
Rencana dan Program Kerja
1.
Pelatihan manajeman pengelolaan Pojok BEI
2.
Pelatihan secara rutin pasar modal bagi pengelola Pojok BEI
3.
Sosialisasi kelembagaan ke lembaga-lembaga perantara efek
4.
Penerbitan buletin pojok BEI
5.
Simulasi pasar modal
6.
Kompetisi pasar modal
7.
Penerbitan Jurnal Pasar Modal
8.
Penerbitan informasi dan data pasar modal secara rutin
9.
Workshop, seminar tentang kasus-kasus bidang pasar modal
10.
Praktikum Pasar Modal
11.
Menjalin kerjasama dengan Pojok BEI dari Lembaga lain
12.
Membentuk komunitas dan CLUB Capital Market




F.     PROSPEK DAN NILAI STRATEGIS POJOK BEI
Pojok BEI FE UIN Malang memiliki peran yang strategis untuk mencerdaskan dan memberikan manfaat di bidang pasar modal. Bagi kalangan civitas akademika bisa menjadi fasilitator dan mediator informasi bursa efek.  Ketersediaan data untuk kepentingan riset akan update terus menerus.  Bagi pihak BEI dapat menjadi partner dalam mensosialisasikan lembaga, produk, informasi yang ditawarkan oleh BEI.  Nilai strategis tersebut meliputi tersedianya informasi dan praktek pasar modal bagi civitas akademika dan mendukung penyebarluasan informasi dan investasi pasar modal bagi pembangun perekonomian di Indonesia.

G.  KELENGKAPAN YANG DISEDIAKAN
Untuk mendukung operasionalisasi kegiatan dan aktivitas di Pojok BEI FE UIN Malang, telah dipersiapkan sarana dan prasarana pendukung sebagai berikut;
1.      Ruang galery berukuran 7.20 x 7.20 m2
2.      17 Unit komputer dengan jaringan internet
3.      1 unit Printer Deskjet HP 1020
4.      1 unit TV berwarna 29 inch
5.      15 kursi lipat
6.      1 unit meja desain front office
7.      1 unit DVD Player
8.      1 unit meja dan kursi direktur
9.      3 rak buku perpustakaan
10.  1 unit LCD
11.  1 unit laptop
12.  1 unit UPS 6000A
13.  1 unit server
14.  1 unit AC 3 PK
15.  1 unit meja biro
16.  1 unit rak penitipan barang

H.    PENUTUP
Dibukanya pojok BEI di Fakultas Ekonomi akan memberikan manfaat bagi kalangan civitas akademika, masyarakat dan pembangunan perekonomian bangsa.  Besar harapan kami, pihak BEI memberikan kesempatan pendirian pojok BEI di kampus ulul albab ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar